gunung · Kumpulan Wisata

Gunung Tangkuban Perahu – Bandung

TWA. Gunung Tangkuban Perahu

Tangkubanperahu Bandung merupakan segelintir dari banyak tujuan wisata favorit di Lembang yang dimiliki oleh Kabupaten Bandung. Dimana wisata gunung Bandung ini berada di propinsi Jawa Barat, berjarak 20 KM menuju ke arah utara kota Bandung. Ketika menuju lokasi wisata, pengunjung akan disuguhkan rimbun pohon pinus dan hamparan perkebunan kebun teh yang berada di sekitar-nya. Menurut administratif, gunung aktif Lembang Bandung memiliki ketinggian sekitar 2.084 meter.

Kawah Gunung Tangkuban Perahu

Bentuk dari salah satu gunung legenda Indonesia mirip Stratovulcano yang memiliki pusat erupsi yang senantiasa berpindah-pindah dari timur ke arah barat. Ketika gunung meletus, batu batu hasil letusan kebanyakan berupa lava, sulfur Belerang dan mineral. namun jika gunung sedang tidak aktif maka yang dikeluarkan hanya uap belerang. Keberadaan gunung Tangkuban Perahu Bandung menjadi berkah tersendiri bagi warga sekitar, sebab semakin banyak wisata pemandian air panas bermunculan seperti wisata pemandian air panas lainnya yang mengambil sumber mata air dari gunung aktif Bandung ini.

Daerah kawasan wisata, hingga sekarang dikelola oleh pemkab Bandung yaitu perum kehutanan. Ketika siang hari suhu di daerah gunung sekitar 17 derajat celcius, sedangkan ketika malam hari suhu mencapai angka 2 derajat celcius. Gunung Tangkuban perahu Bandung memiliki beberapa kawasan hutan Diptrokat Bukit yaitu hutan Montane, hutan Ericaceous, hutan Dipterokarp Atas dan hutan gunung.

Hingga sekarang Gunung Tangkuban perahu Bandung statusnya gunung berapi aktif yang status nya selalu di awasi oleh Badan Direktorat Vulkanologi Indonesia. Beberapa kawah gunung juga masih memberikan sinyal-sinyal gunung aktif. Tanda gunung ini masih aktif terlihat muncul nya gas belerang serta sumber-sumber air api yang berada di kaki gunung, seperti di kawasan Ciater, Subang.

Twa Gn.Tangkuban Parahu

Kejadian langkah seperti itu juga bisa teman-teman temui di gunung Krakatau yang berada di selat Sunda dan kawasan Ngorongoro berada di Tazania, Afrika. Hingga sekarang legenda Sangkuriang yang merupakan cerita legenda Tangkuban Perahu menjadi dokumentasi dari masyarakat sekitar yang hidup di kawasan Wisata, diadopsi dari berbagai peristiwa pada jaman dulu.

Di tempat wisata Bandung ini, setidaknya kawan bisa menemukan tiga kawah Tangkuban Perahu yang cukup populer yaitu kawah Upas, kawah ratu dan kawah domas. Kawah-kawan tersebut terjadi akibat besarnya letusan gunung pada beberapa tahun silam. Diantara ke-3 kawah itu, paling populer dikalangan pengunjung yakni kawah ratu. Tepat di pinggiran kawah diberi pembatas berupa agar, agar menjaga keselamatan pengunjung.

Tiket masuk Gn.Tangkuban Parahu.

Bagi teman-teman hendak memasuki lokasi wisata, maka perlu menyediakan dana retribusi sebagai tiket masuknya. Harga tiket masuk ke lokasi wisata dibedakan antara wisatawan domestik dengan wisatawan asing.

  1. Tiket masuk : Rp. 15.000
  2. Parkir Motor : Rp. 5.000
  3. Parkir Mobil : Rp. 10.000
  4. Parkir Bus : Rp. 20.000

Wisatawan Asing

  1. Tiket masuk : Rp. 50.000
  2. Parkir Motor : Rp. 7.000
  3. Parkir Mobil : Rp. 15.000
  4. Parkir Bus : Rp. 25.000

Tips Wisata Gn.Tangkuban Parahu.

Berikut merupakan adalah beberapa tips wisata selama berlibur di kawasan wisata Lembang Bandung.

  1. Bila kawan memiliki dana lebih, sebaiknya menyewa jasa guide yang terpercaya. Hal itu akan memudahkan bagi kawan ketika menyusuri seluruh wisata di kota Bandung. Yakin deh, di Lembang ada banyak sekali destinasi wisata keren keren, jadi rugi bila dilewatkan begitu saja.
  2. Bagi kawan tak tahan udara dingin, bawah lah jaket atau pun Sweater yang berfungsi sebagai penghangat tubuh. Karena suhu di Lembang ketika malam hari, luar biasa dingin, seperti di ruangan ber-AC.
  3. Supaya merasakan sensasi petualangan yang luar biasa, bawalah sepatu boot agar memudahkan bagi anda dalam menjelajahi destinasi wisata.
  4. Karena terdapat beberapa titik yang mengandung gas belerang sebaiknya sediakan masker wajah.
  5. Gunakan kacamata bila perlu, agar terhindar dari debu.

Sekian teman informasi wisata tersebut, smga bisa mambantu anda mencari referensi tempat liburan yang akan dikunjungi, salam hangat dari kami selamat berlibur dan utamakan keselamatan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s